ISUZU D-MAX



Tampak Depan Isuzu D Max

Tinjauan Umum
“Isuzu” mengandung arti “50 Lonceng”, yang diambil dari nama sungai yang mengalir di sepanjang provinsi, yang dimana terdapat kuil Shinto kuno di Jepang. Tahun 1916 merupakan titik balik dari Isuzu ketika Perusahaan Pembuat Kapal Ishikawajima, memutuskan untuk memperluas cakupan bisnisnya, hingga ke industri mobil. Setelah Perang Dunia II, produksi dari Isuzu pun meningkat tajam dimana produk perusahaan berkontribusi besar dalam usaha pembangunan Jepang yang hancur akibat perang. Diraihnya kesuksesan melalui Trooper pada tahun 1990, perusahaan pun mendapatkan kesuksesan yang besar. Trooper telah membangun popularitas Isuzu yang besar di kategori SUV.. Sayangnya, memasuki abad milenium, Suzuki harus menerima kenyataan pahit dimana andalannya seperti Rodeo dan Trooper diungguli oleh model lain yang lebih baru dan lebih canggih. Sekarang ini, lini kendaraannya , termasuk SUV dan truk, berbasis pada produk GM. Sejak tahun 2022, Isuzu telah memproduksi berbagai seri truk pikap yang berbagai kerangka yang sama dengan General Motors. Di kawasan Timur Tengah, mobil ini dinamakan dengan Chevrolet Colorado, sedangkan D-Max yang asli dijual di pasar Thailand. Di Indonesia, D-Max tersedia dalam enam level trim, yang dibedakan atas kabin tunggal, kabin ganda, dan varian Rodeo. Semua varian dibekali dengan transmisi manual, VGS, dan otomatis. Dibawah kap mesin varian ini, dibenamkan dua jenis mesin, yakni : 4 JK1TC dan 4JK1-TC-H. Mesin standard 2,5 liter tersedia untuk kedua versi kabin tunggal dan kabin ganda, dan menghasilkan tenaga sebesar 109 PS pada 3400 rpm dengan torsi puncak mencapai 280 Nm dalam rentang putaran 1800-2200 rpm, sementara itu mesin 3.0 liter VGS yang lebih bertenaga, menghasilkan daya keluaran sebesar 136 PS pada 3400 rpm dengan torsi puncak mencapai 294 Nm dalam rentang putaran 1400-3000 rpm. Kedua mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 5 kecepatan dengan perpindahan yang gesit sehingga menawarkan pengalaman yang unik dalam berkendara. Mesin diesel 3.0 liter sangatlah impresif dan memungkinkan kendaraan ini untuk menembus 100 km dalam waktu 12 detik. Truk pikap menawarkan tingkat efisiensi bahan bakar sebesar12,04 kmpl dalam kondisi kombinasi, yang terbilang cukup memuaskan. Isuzu D-Max hadir dalam perpaduan antara gaya desain maskulin dengan ciri khas desian yang konvensional, sehingga menjadikannya lebih unik. Daya tarik terbesar berasal dari tampilan depan yang disematkan gril dengan gaya desain unik serta lampu utama yang besar, sementara itu profil samping dibuat elegan dengan step rails dan warna bodi yang sepadan dengan pegangan pintu. Interior juga terlihat atraktif dengan bahan kursi yang empuk serta dapat disesuaikan dengan tinggi badan, sedangkan dasbor depan dilengkapi dengan sistem multimedia lengkap dengan layar sentuh yang memungkinkan penumpang untuk mengganti lagu. Selain itu, juga terdapat pegangan pintu dan ruang penyimpanan yang memberikan segudang kemudahan selama berkendara. Mobil ini benar-benar memenuhi kriteria serta menjawab ekspektasi dari penggunanya.

Interior & Fitur

Kabin Isuzu D-Max sangat kental dengan berbagai aspek kenyamanan terkini. Ruang kabin yang lapang menawarkan ruang kaki dan kepala yang cukup untuk penumpang kursi depan dan kursi belakang, sedangkan lengkungan pintu yang lebih lebar, Pilar A, membuat akses masuk ke kabin lebih mudah. Kenyamanan dan ruang yang cukup lapang tersedia berkat kursi yang didesain secara ergonomis serta ditambahkan dengan sentuhan kemewahan. Mobil ini dilengkapi dengan mekanisme anti-bising yang menjaga suasana yang tenang dalam kabin, serta ruang penyimpanan yang banyak meningkatkan aspek utilitas dengan pegangan gelas dan ruang kompartemen dengan segudang kemudahan. Didalamnya, tema warna merah mempermanis suasana kabin, sedangkan dibagian belakang kabin Isuzu D-Max, dijejali jok premium Italia yang terbuat dari bahan kain , sehingga menjadikannya semakin menarik. Pada lempengan penyetel, disematkan logo perusahaan yang terang dan membuat tampilannya sangat memikat, sedangkan roda kemudi tiga palang yang dilapisi bahan kulit dibekali dengan perangkat standar.
Kenyamanan Interior
Isuzu D-Max menawarkan ruang yang cukup untuk meregangkan kaki dan tangan, serta menghilangkan lelah dengan kenyamanan yang prima. Ukuran eksterior yang besar menyediakan ruang kabin yang lapang sehingga penumpang yang duduk di kursi belakang juga bisa meregangkan kaki mereka. Isuzu juga tidak pernah kompromi dalam hal kenyamanan dan kepraktisan penumpang serta menawarkan suasana yang lebih segar dengan sistem AC otomatis, serta kemudahan dan kepraktisan juga didukung dengan fitur pegangan gelas yang posisinya dirancang secara cermat, sehingga meningkatkan aspek utilitas dari kendaraan ini.
Ukuran Interior
Mobil ini hadir dengan ruang penyimpanan yang lebar dan luas, yang ditujukan untuk menampung bagasi yang berat, dimana D-LOC dapat menjamin keamanan barang muatan anda. Jarak sumbu roda D-Max yang besar menyediakan ruang kaki yang sangat lapang, dan ukuran lebar yang ditawarkan oleh kendaraan ini juga menyediakan ruang bahu yang cukup memadai. Ruang penyimpanan berukuran 1920 mm x 1720 mm x 480 mm (P x L x T) yang dapat menampung bagasi dengan bobot yang berat.
Stereo dan Aksesoris
Meskipun tidak lah begitu menggirukan, tapi tetap Isuzu menawarkan fitur yang cukup menarik di segmen ini. Semua varian Isuzu D-Max dibekali dengan sistem stereo BLAUPUNKT Multimedia yang mencakup pemutar DVD dengan kamera balik (reverse camera). Sejumlah speaker berkualitas tinggi menyajikan atmosfir bak teater untuk penumpang. Guna menawarkan kepraktisan ekstra untuk terhubung dengan perangkat luar, sistem konektivitas smartphone dan colokan AUX juga tersedia, selain itu sistem multimedia juga terhubung dengan sistem layar sentuh, sehingga memungkinkan penumpang untuk memutar lagu yang diinginkan.

Eksterior

Tampak belakang serong D Max
Sentuhan desain nan atletis dan karakternya yang perkasa semakin terpancar dengan desainnya yang segar dan tampilannya yang menawan. Untuk menyempurnakan keelokannya secara efektif, Skema warna clack tinge digunakan untuk memoles bagian eksternalnya. Struktur kendaraan ini secara keseluruhan tidaklah mengusung desain yang superior ataupun elegan, melainkan dibuat stylish dan impresif dengan kepraktisan yang dibawakannya. Fascia depan sangat mencolok dengan gril depan beraksen krom, yang disematkan lambang Isuzu pada bagian tengah. Karakter kendaraan ini yang menawan juga dimanifestasikan dalam baluran warna bodi tunggal. Gaya desain depan menonjolkan lampu Day Time Running yang memiliki visibilitas tinggi dan teknologi LED untuk menerangi perjalanan, serta lampu utama yang besar terlihat sepadan dengan karakter kendaraan yang kokoh. Kap mesin yang rata dan garis karakter samping yang sangat impresif dengan step rails menampilkan nuansa sporty dan meningkatkan kesan perkasanya. Bagian buritannya menjamin keamanan kargo anda berkat spoiler aerodinamis D-LOC yang stylish , sehingga membuat kargo tetap aman, sedangkan lampu kombinasi belakang meningkatkan daya tariknya. Atap yang dibuat tinggi dan rata serta dilengkapi dengan roof rails membuatnya siap untuk berpetualang serta menawarkan kepraktisan sebagai sebuah pikap. Mobil ini juga dibekali dengan sunvisor aerodinamis yang diselaraskan dengan garis desain D-Max anyar yang perkasa dan kokoh.

Ukuran Eksterior

Tampilan D-Max teranyar yang kuat ini tidak hanya mencolok di jalan, namun juga menawarkan kepraktisan yang tinggi. Ukuran eksterior mobil adalah 5295 mm x 1860 mm x 1795 mm(P x L x T) sedangkan jarak sumbu roda pada 3095 mm.

Roda

Tampilannya semakin kokoh dengan roda berwarna hitam, yang membuat performa semakin impresif, serta meningkatkan kepercayaan diri selama berkendara. Pelek roda Lenso dengan baluran hitam 17 inchi, dipadukan dengan ban berukuran 255/65 R17.

Biaya BBM Selama Kepemilikan

Semua varian Isuzu D-Max dipersenjatai dengan mesin yang sangat irit bahan bakar, mencakup mesin berkapasitas 2,5 liter dan 3.0 liter. Kedua mesin dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang mampu memberikan jarak tempuh yang memadai. Varian yang dibekali dengan mesin diesel 2.5 liter hanya memerlukan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 12,04 km, yang terbilang cukup memuaskan.
Tenaga
Didukung dengan mesin bertenaga tinggi dibawah kap D-max, mobil ini tidak pernah mengecewakan anda dalam hal performa. Pikap yang berkarakter kuat ini memenuhi ekspektasi pelanggan dengan menghasilkan tenaga yang sangat dahsyat. Mesin 2,5 liter dapat menyemburkan tenaga sebesar 109 PS pada 3400 dengan torsi puncak sebesar 280 Nm pada 1800-2200 rpm, sedangkan mesin 3.0 liter yang lebih bertenaga, menghasilkan daya keluaran sebesar 136 PS pada 3400 rpm dengan letupan torsi puncak sebesar 294 Nm pada 1400-3000 rpm.
Akselerasi & Daya Angkut
Varian yang sangat menarik dan impresif ini tersedia dalam dua pilihan mesin bertenaga tinggi, yang dipadukan dengan transmisi manual dan otomatis, dimana juga tersedia transmisi VGS lengkap dengan sequential shift yang dapat meningkatkan kehandalan mobil dalam hal akselerasi dan daya angkut. Mesin yang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar tertinggi, membutuhkan 12 detik untuk menembus 10 kmpj dari titik nol.

Mesin & Konsumsi BBM

Isuzu D-Max terbaru menyajikan performa yang tangguh dikala persaingan yang semakin memanas antara pemain di segmen pikap. Mobil ini tersedia dalam enam level trim yang berbeda, yang dibagi berdasarkan kabin tunggal, kabin ganda, dan Rodeo. Sumber tenaga berasal dari dua jenis mesin yang.
Bertenaga Tinggi
Mesin berkapasitas 2.5 liter menghasilkan tenaga maksimum sebesar 109 PS pada 3400 rpm dengan letupan torsi puncak mencapai 280 Nm dalam rentang putaran 1800 hingga 2000 rpm. Mesin berkapasitas 3.0 liter menghasilkan tenaga maksimum sebesar 136 PS dengan letupan torsi puncak mencapai 294 Nm dalam rentang putaran 1800 hingga 2800 rpm.

Pengereman

Pikap dengan performa tangguh ini dibekali dengan teknologi canggih yang meningkatkan stabilitas kendaraan. Rem cakram berventilasi dengan dua buah kaliper pada bagian depan dan rem drum pada bagian belakang menghantarkan kinerja pengereman secara efisien. Selain itu, sistem pengereman juga didukung dengan sistem pengereman ABS (Anti Lock Braking System) yang mencegah kendaraan dari selip, sedangkan mekanisme fitur Electronic Brake Distribution memastikan tenaga rem didistribusikan secara merata ke semua roda. Mengenai suspensi, roda depan didukung dengan independent double wishbones dengan coil spring dan stabilitator, sedangkan roda belakang didukung dengan semi elliptical leaf springs untuk penanganan yang lebih efisien.
Keselamatan dan Keamanan
Isuzu tidak pernah main-main dalam hal keselamatan penumpangnya, dimana pabrikan ini menawarkan teknologi keselamatan dan melengkapi kendaraan ini dengan sejumlah mekanisme proteksi untuk melindungi penumpangnya. Pikap ini dibekali dengan sistem traksi kontrol dan teknologi ABS/EBD yang mencegah roda terkunci, dan sistem pengereman darurat juga membantu penanganan ketika menyudut. Untuk mengurangi efek tabrakan, mobil ini dilengkapi dengan sistem airbag yang akan mengembang otomatis untuk melindungi penumpang dan pengendara. Kendaraan yang besar ini juga menggunakan sistem ESC dan Emergency Brake Assist.